BSC

4 Persepktif Evolusi SDM Sebagai Aset Strategik

evolusi-SDMBrian E. Becker dalam buku “The Human Resources Scorecard, Linking People, Strategy, and Performance” mengemukakan 4 perspektif tentang evolusi sumber daya manusia (SDM) sebagai aset strategik. 4 perspektif evolusi tersebut yaitu:

  • The personal perspective, yaitu perusahaan merekrut karyawan yang paling baik dan mengembangkannya.
  • The compensation perspective, yaitu perusahaan menggunakan bonus, pembayaran insentif, dan perbedaan-perbedaan yang berarti dalam pembayaran untuk memberi ganjaran kepada karyawan yang berprestasi tinggi dan rendah. Ini adalah langkah pertama dalam mempercayai orang sebagai sumber keunggulan kompetitif (competitive advantage), namun perusahaan belum secara penuh mengeksploitasi manfaat dari sumber daya sebagai aset strategik.
  • The alignment perspective, yaitu manajer senior melihat karyawan sebagai aset strategik namun mereka tidak melakukan investasi dalam meningkatkan kapabilitas SDM. Sebab itu, sistem SDM tidak dapat meningkatkan perspektif manajemen.
  • The high performance perspective, yaitu eksekutif SDM dan yang lain memandang sumber daya sebagai suatu sistem yang melekat dalam sistem yang lebih besar dari implementasi strategi perusahaan. Perusahaan mengelola dan mengukur hubungan antara kedua sistem tersebut dengan kinerja perusahaan (linking people, strategy, and performance).

 

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *