Family

Selamat Jalan 2013… Selamat Jalan Papa…

Hari ini tepat tanggal 1 Januari 2014. Itu artinya, tahun 2013 baru saja terlewati. Banyak hal yang terjadi dan sepertinya akan terekam sepanjang usia.

Tahun 2013, diawali dengan baik dimana pekerjaan konsultan semakin padat, begitu pun dengan pekerjaan akademis. Urusan keluarga pun mengalami perkembangannya sendiri.

Kalau pekerjaan konsultan yang semakin padat, biasanya saya dan teman-teman lain menyebutnya “good problem”.. Ya, dengan semakin padat pekerjaan, normalnya berbanding lurus dengan penghasilan. Bahkan, sampai akhir tahun 2013 pekerjaan tetap padat. Sekali lagi, good problem.

Kalau pekerjaan akademis, urusannya dengan mengajar dan upaya peningkatan kompetensi. Kegiatan akademis seperti biasanya, mengajar di S1-FTI Universitas Budi Luhur dan menjadi asisten mata kuliah metodologi penelitian di S2-Fasilkom Universitas Indonesia. Kegiatan bimbingan dan menjadi dosen penasehat akademis juga berjalan seperti biasanya. Ditambah, saya mengikuti program Certified Organization Development Analyst sebagai upaya pengembangan diri.

Kalau urusan keluarga, tahun 2013 pertama kalinya ikut lebaran bersama keluarga istri di kampung halaman, Manggopoh-Sumatera Barat. Lebaran tahun 2013 keluarga besar istri memang sudah pada niat untuk “pulang basamo”. Ramai sekali di kampung halaman, seru.. Tapi di akhir tahun 2013, tepatnya tanggal 25 Desember 2013 jam 00.30 WIB, Papa berpulang ke rahmatullah setelah sekitar 3 bulan berjuang melawan penyakit kanker getah beningnya. Sangat menyedihkan melihat kondisi Papa saat itu. Hal ini sepertinya akan terus melekat di ingatan saya. Pada akhirnya Papa dikuburkan di taman pemakaman Kamboja, Jalan Taman Radio Dalam 6, Jakarta Selatan.

Ketika terompet menyambut tahun baru berbunyi, petasan pun juga sudah dinyalakan, tidak ada yang terasa spesial. Hanya kesedihan yang menemani dipenghujung tahun. Saya sadar, semua pasti akan mengalami kematian…

Ok, selamat jalan tahun 2013… selamat jalan Papa…

kuburan-Roslim-Noor

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *