Tentang Kekuatan/ Kekuasaan Dalam Manajemen

Halo, para pembaca…

Mungkin di antara Anda ada yang pernah mendapati suasana, yang disebabkan oleh karakter pimpinan/ manajemen dalam perusahaan, yang beraneka ragam. Ternyata suasana tersebut dipengaruhi oleh sumber kekuatan/ kekuasaan dalam manajemen yang digunakan. Atau ternyata suasana tersebut terbentuk karena tidak sadarnya pimpinan/ manajemen dalam menggunakan sumber kekuatan. Di sisi lain, menurut saya, hal ini juga berlaku bagi perorangan dalam pergaulannya sehari-hari.

Dalam praktik manajemen, setidaknya ada dua kelompok kekuatan yang bisa Anda gunakan, yaitu kekuatan posisi (position power) dan kekuatan personal (personal power). Biasanya praktik ini menjadi bahasan ketika kita berbicara tentang leadership. Ada juga yang membahas ini sebagai gaya kepemimpinan (leadership style). Apa maksudnya kekuatan manajemen tersebut? Bahasa sederhananya, Anda memiliki kekuatan (power) di organisasi/ perusahaan itu, karena apa sih? Orang lain mau mengikuti Anda karena apa sih? Orang lain bisa Anda pengaruhi karena apa sih? Nah, gambar di bawah ini akan meringkas dari mana sumber kekuatan manajemen/ pimpinan tersebut berasal.

 

 

 

Berdasarkan gambar di atas, kita dapat mengetahui bahwa sumber kekuatan manajemen (source of management power) adalah sebagai berikut:

  • Kekuatan posisi (position power)
    • kekuatan karena adanya penghargaan/ hadiah (reward power)
    • kekuatan karena Anda memiliki kewenangan tertentu (legitimate power)
    • kekuatan karena adanya hukuman yang diberikan (coercive power)
  • Kekuatan personal (personal power)
    • kekuatan karena Anda memiliki pengetahuan dan kemampuan tertentu (expert power)
    • kekuatan karena kepribadian Anda yang menarik (referent power)

 

Silakan Anda pikirkan, jika Anda diharuskan menggunakan kekuatan, Anda mau orang lain mengikuti Anda (baik perkataan atau perbuatan), itu karena apa… Apakah karena Anda akan memberikan hadiah? Apakah karena Anda adalah atasan mereka? Apakah karena Anda akan menghukum mereka? Apakah karena Anda memang memiliki pengetahuan dan mampu untuk mengerjakan pekerjaan tersebut atau pekerjaan tertentu? Apakah karena Anda memiliki kepribadian yang menarik?

Kalau Anda diberikan pilihan, kira-kira Anda akan menggunakan sumber kekuatan yang mana ya? 🙂

Oke, semoga tulisan ini bermanfaat.

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *