Manajemen

Perubahan Paradigma Manajemen

perubahan-paradigma-manajemen

Saat ini manajemen sudah mengalami perubahan paradigma. Gambar di atas menjelaskan tentang perubahan tersebut. Berikut ini penjelasannnya:

  • Pada kotak yang berwarna merah, menjelaskan bahwa manajemen cenderung bersifat arogan dimana manajemen menganggap bahwa konsumenlah yang membutuhkan kita (organisasi/ perusahaan). Mereka pun menganggap karyawan hanyalah faktor produksi/ operasi. Pada posisi ini, perusahaan tersebut cenderung memiliki ciri-ciri: diproteksi pemerintah, dimana organisasi/ perusahaan itu cenderung terlena dan lalai membangun keuangan.
  • Pada kotak yang berwarna hijau, menjelaskan bahwa manajemen menganggap konsumen harus dilayani dan dipuaskan. Dan karyawan bukan sekedar faktor produksi, sehingga harus diperhatikan.
  • Pada kotak yang berwarna biru, menjelaskan bahwa manajemen menganggap konsumen sebagai mitra organisasi/ perusahaan (network). Manajemen pun menganggap bahwa karyawan adalah aset utama sehingga perlu dikembangkan. Pada posisi ini, perusahaan tersebut cenderung memiliki ciri-ciri: memiliki persaingan. Persaingan menyebabkan organisasi/ perusahaan tidak punya pilihan lain dan harus berhadapan dan berkompetisi dengan kompetitor. Untuk bertahan dan berkembang, organisasi/ perusahaan tersebut harus membangun keunggulan kompetitif.

Siapkah Anda untuk perubahan paradigma ini?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *