Olah Raga Ke Situs Gunung Munara

Halo, saya mau berbagi cerita pengalaman mendaki naik Gunung Munara yang ada di Rumpin. Walaupun tingginya hanya sekitar 367 mdpl dan saya tempuh dalam 1 jam untuk sampai puncaknya, bagi saya yang baru pertama kali mencoba-coba naik gunung (pernah sih naik ke area kawah Gunung Bromo), ini lumayan capek. Beberapa tulisan yang beredar di dunia maya pun banyak mengomentari bahwa walaupun namanya gunung, lebih cenderung seperti bukit. Ya… mungkin karena tingginya cuma segitu.

Petunjuk Situs Gunung Munara

 

Oke, saya memutuskan untuk pergi ke Situs Gunung Munara (SGM) yang ada di Rumpin pada hari Minggu, 23 September 2018 sekitar pukul 07.50. Perjalanan dari rumah (Pasar Rebo, Jakarta Timur) menuju SGM berjarak kurang lebih 50 km melalui rute Pasar Rebo-Tol JORR-Serpong-Rumpin. Waktu tempuh sepertinya 2 jam kurang, karena di tol relatif tidak macet dan bisa memacu mobil hingga 120 km/jam, bahkan lebih.

Keluar Tol JORR paling ujung di Serpong, pakai GPS. Saran saya cari di GPS: “Polsek Rumpin” atau “Situs Gunung Munara”. Jangan cuma tulis “Gunung Munara”, karena di sana ada PT Gunung Munara dan ada tambang-tambang batu dan pasir gitu… bisa nyasar nanti.  😀

Sebelum sampai, saya mampir di mini market beli minum dan roti, terus mampir di warteg beli makan siang. Tapi jangan khawatir, di sana banyak warung, gak bawa apa-apa pun juga masih bisa hidup. 😆 Kalau sudah melihat gapura seperti gambar di bawah ini, berarti Anda sudah sampai ke daerah SGM.

Gapura menuju area SGM
Kondisi jalan menuju SGM

Jalan menuju daerah SGM juga pas-pas satu mobil aja. Kalau papasan dengan mobil lain, harus ada yang ngalah. Kalau sudah ketemu perempatan, lihat sebelah kanan atau kiri, akan ada spanduk tulisan selamat datang di SGM. Dengan demikian, berarti sudah sampai deh.. Selanjutnya, parkir kendaraan, bayar dan langsung siap-siap naik ke SGM.

Siang saya sudah turun, bersih-bersih dan Shalat Zhuhur, kemudian caow arah pulang. Sampai rumah sore menjelang maghrib.

Saran saya bagi pengelola SGM, hilangkan minta-minta sumbangan ketika di jalur pendakian, serta sesuaikan biaya yang ditagih ke pengunjung dengan yang di tiket.

Lalu, berapa banyak uang atau biaya yang dibutuhkan untuk mendaki naik Gunung Munara?

Tol Sesuai jarak hingga Serpong
Bensin Sesuai kendaraan masing-masing
Parkir mobil Rp. 15.000 (beda dengan struk)
Tiket masuk Rp. 20.000 (beda dengan struk)
Makan & minum Rp. 20.000 (warteg, minum, roti)
Kopi di SGM Rp. 5.000
Toilet Rp. 3.000
Sumbangan Rp. 2.000 (katanya seikhlasnya)

 

Selebihnya, silakan lihat foto-foto di bawah ini.

Terima kasih sudah mampir ke website ini.  🙂

Mendaki Gunung Munara

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *