This page was exported from Website Haris Munandar [ http://harismunandar.com ]
Export date: Wed Sep 18 14:15:54 2019 / +0100 GMT

Kepemimpinan Tingkat 5 (Level 5 Leadership)



Bahasan tentang kepemimpinan selalu menjadi hal yang menarik perhatian. Bagaimana tidak, jika setiap orang merupakan pemimpin dan akan ditanyakan kelak tentang apa yang dipimpinnya? Tentu itu menjadi tanggung jawab yang harus dipertanggungjawabkan. Jadi, kita perlu modal pengetahuan yang cukup tentang kepemimpinan untuk mempertanggungjawabkannya.

Well, Pada waktu yang lalu saya sudah menuliskan artikel tentang kepemimpinan (leadership), diantaranya:

  1. Leadership 3.0
  2. Servant Leadership
  3. Exemplary Leadership

Nah, sekarang saya akan membahas tentang kepemimpinan yang terkenal dituliskan lewat buku GOOD TO GREAT oleh Jim Collins. Kepemimpinan yang dimaksud adalah Level 5 Leadership (Kepemimpinan Tingkat 5). Apa itu?

level-5-leadership
Level 5 Leadership (Hierarchy)

Level 5 leadership merupakan hasil dari penelitian secara empiris yang dilakukan oleh Jim Collins. “Level 5” mengacu kepada 5 level hierarki kapabilitas pemimpin, dengan Level 5: EXECUTIVE sebagai yang teratas. Apabila seseorang mencapai Level 5, maka artinya orang tersebut juga memiliki kemampuan dari level 1 hingga level 4. Level 5 leadership inilah yang digambarkan dalam buku GOOD TO GREAT sebagai salah satu faktor yang menyebabkan mengapa ada perusahaan/ organisasi yang mampu membuat lompatan besar untuk meraih sukses.

Apa maksud dari kelima hirarki tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Pemimpin Level 5 mengkombinasikan antara pribadi rendah hati dan profesional. Pemimpin Level 5 memiliki ambisi tidak untuk dirinya, tetapi untuk organisasi. Mereka menyiapkan penggantinya untuk meraih sukses dengan lebih baik pada generasi berikutnya. Mereka menampilkan kesederhanaan yang menonjol dan bersahaja. Mereka didorong dan dipengaruhi dengan kebutuhan untuk menghasilkan hasil yang berkelanjutan. Mereka melakukan apa pun untuk membuat organisasi menjadi besar, tidak peduli sekeras apapun. Pemimpin Level 5 menampilkan kompetensi yang memadai. Pemimpin Level 5 mencari atribut yang menjadi faktor sukses di luar dari dirinya sendiri. Bila ada sesuatu yang buruk, mereka akan bertanggung jawab penuh dan tidak membanggakan keberhasilan yang dicapai, kemudian untuk hasil yang mengecewakan, orang lain disalahkan. Hal-hal yang sering merusak karakter pemimpin adalah adanya kecenderungan untuk memilih yang mempesona, orang yang terkenal, namun mengesampingkan pemimpin yang memiliki karakteristik Level 5.

Satu hal yang mungkin terlihat dari karakter pemimpin Level 5, yaitu mereka mampu mengombinasikan antara kerendahan hati dan GANAS ketika harus menyelesaikan segala tantangan yang dihadapi.

Oke, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua terutama terkait tentang konsep-konsep kepemimpinan. Silakan dibagikan (share)..

:-)

 

 


Post date: 2016-09-26 15:54:59
Post date GMT: 2016-09-26 15:54:59
Post modified date: 2016-09-26 16:30:11
Post modified date GMT: 2016-09-26 16:30:11

Powered by [ Universal Post Manager ] plugin. MS Word saving format developed by gVectors Team www.gVectors.com