Asmaul Husna: Al-Hasib (Yang Maha Pembuat Perhitungan)

Asmaul Husna - Al-Hasib - 1
Sumber gambar: sufism.org

Tulisan ini saya buat berdasarkan yang tertera dalam Syaamil Al-Qur’an pada bagian Asmaul Husna. Asmaul Husna didefinisikan sebagai nama-nama yang baik yang dimiliki oleh Allah Swt. Asmaul Husna berjumlah 99 nama, salah satu yang akan saya tulis adalah Al-Hasib. Al-Hasib artinya Yang Maha Pembuat Perhitungan.

Al-Hasib adalah Dia yang mencukupi karena Dia yang dibutuhkan oleh apa yang dimiliki-Nya. Allah adalah pengukur setiap sesuatu dan Dia yang mencukupinya. Sifat ini mustahil dimiliki oleh selain Allah karena tidak ada eksistensi yang dapat mencukupi eksistensi lain kecuali Allah Swt. Dia sajalah yang mencukupi segalanya bukan hanya untuk sebagian benda saja. Segala sesuatu menjadi ada karena Dia. Eksistensi segala sesuatu yang ada dapat mempertahankan eksistensinya serta menjadi sempurna juga karena Dia.

Manusia tidak mungkin memiliki sifat ini kecuali dengan kiasan. Meskipun seseorang dapat dianggap mampu memenuhi kebutuhan orang lain, dia bukanlah yang memenuhi kebutuhan karena dia membutuhkan tempat untuk menerima pemberiannya.

Hikmah dari sifat Al-Hasib bagi manusia adalah bahwa Allah sajalah yang dapat memenuhi kebutuhannya dalam kaitan dengan niat dan kehendaknya sehingga yang diinginkannya hanyalah Allah Swt. Di dalam Al-Qur’an, ini (Hasbunallahu wa ni’malwakiil) ada pada surat Ali Imran ayat 173 sebagai berikut.

Q.S-3_173(Ali Imran ayat 173)
Sumber: sayahafiz.com

(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.”

 

Ayat yang merujuk kepada sifat Al-Hasib terdapat dalam Al-Qur’an surat Hud ayat 6 (QS. 11:6) serta surat An-Nahl ayat 18 (QS. 16:18) sebagai berikut.

QS-11_6

arti-QS-11_6
Sumber: sayahafiz.com

QS-16_18

arti-QS-16_18
Sumber: sayahafiz.com

Oke, semoga setelah membaca ini kita semakin yakin bahwa segala sesuatunya sudah ditentukan oleh Allah Swt… Amin…

🙂

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *